Friday 2 October 2015

mau ke Batu ? mampir ke Pemandian Tirta Nirwana di Songgoriti yuuk

 

Hai semua ... udah ada yang pernah denger wisata Tirta Nirwana di Songgoriti belum ? Kalau dilihat dari luar, tak terlihat seperti lokasi wisata yang cukup menarik. Tapi jika sudah memasukinya, maka dengan segera anggapan tersebut akan tertampik begitu saja. Sesuai dengan namanya, Tirta Nirwana Songgoriti terkenal akan kolam renangnya. Kolam renang di taman ini merupakan lokasi yang menjadi daya tarik pengunjung. Selain sebagai tempat berenang yang merupakan fungsi utamanya, di kolam renang ini juga dilengkapi dengan sebuah wahana kecil untuk bermain.
Puas berenang, kita bisa duduk santai di tepi kolam sambil menikmati keindahan alam sekitar yang dikelilingi oleh pegunungan dan udara yang menyegarkan. Bisa juga berjalan-jalan di area taman yang indah dan menikmati beberapa fasilitas yang ada. Misalnya saja mengitari sebuah danau buatan menggunakan sepeda air. Di tepi danau ini terdapat dua buah patung dengan ukuran yang cukup besar, sehingga keberadaannya cukup menyolok. Patung yang pertama berupa patung penyu raksasa dengan seekor kera di atasnya. Patung lainnya berupa seorang tokoh pewayangan yang sedang menunggangi kereta dan ditarik oleh dua ekor kuda hitam dan seekor kuda putih.
Selain itu, masih ada beberapa replika buah raksasa, hewan dan beberapa tokoh pewayangan lainnya. Di taman ini juga dilengkapi dengan area bermain anak dan area uji nyali, seperti berjalan di atas seutas tali atau meluncur menggunakan seutas tali. Di dekat taman ini terdapat pasar wisata Songgoriti. Jadi sebelum meninggalkan lokasi wisata, kita bisa singgah sebentar ke pasar ini untuk membeli oleh-oleh. Harganya cukup terjangkau jika Anda pintar dalam hal tawar-menawar.
Taman wisata yang terletak di Jalan Songgoriti, Desa Songgokerto, Kota Wisata Batu ini buka setiap hari kecuali Kamis mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 10.000, dan pada waktu peak season bisa mencapai Rp 15.000. Khusus rombongan minimal 30 orang bisa mendapatkan diskon 75% (hingga tiket menjadi Rp 6.000 per orang).
Untuk sampai di area Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti bisa diakses melalui beberapa arah. Lokasinya tepat berada di perempatan jalan yang merupakan perpotongan dari Jalan Songgoriti dan Jalan Arumdalu, Batu. Kalau dari arah Alun-Alun Kota Batu dengan melalui Jalan Songgoriti, bisa ditempuh dengan mengambil jalan Gajah Mada lurus terus hingga sampai di Jalan Trunojoyo. Kemudian dilanjutkan menuju jalan Brigjend. M. Manan dan berbelok menuju Jalan Songgoriti hingga menemukan perempatan dengan sebuah Gapura yang bertuliskan “Pemandian Tirta Nirwana”.

No comments:

Post a Comment